MENJADI SUAMI YANG MEMPESONA.............. MENGAPA TIDAK.............(PERTEMUAN KE 175)

Menjadi istri yang mempesona suami? Itu hal biasa yang telah banyakdibahas dalam berbagai literatur, kajian, diskusi dan kesempatan.Tetapi tahukah Anda wahai para suami, para istri juga menginginkanlaki-laki yang mempesona sebagai suaminya. Meski gambaran suami yangmempesona boleh jadi relatif, berbeda antara satu perempuan denganperempuan lainnya, tetapi dapat dikatakan secara umum kaum perempuanmembutuhkan pesona yang dapat lebih membuat mereka senantiasa mencintaisuaminya.

Boleh jadi selama ini Anda para suami menyangkabahwa istri Anda mencintai Anda karena ia telah mendampingi, melayani,melahirkan danmengasuh anak-anak Anda. Mungkin hal itu benar, tetapiuntuk membuatperasaan istri Anda tidak berubah ia tetap selalumencintai Anda dariwaktu ke waktu dibutuhkan lebih banyak proses,perbuatan, tingkah lakuyang semuanya bermuara pada satu titik bahwaAnda tetap mempesonanya,sehingga ia menganggap Anda layak untukmendapatkan cintanya untuk selamanya.

Ada satu pelajaranyang menarik terutama untuk para suami dari kisah seorang perempuanyang mendatangi Rasulullah SAW untuk menceritakan, bahwa sekian lamaberumah tangga ternyata perasaannya mengalamiperubahan, ia tidak lagibisa mencintai suaminya dan karena itu ia khawatir berbuat kekufuran.

Adalahistri Tsabit bin Qais bin Syamas (sahabat Rasulullah SAW) yang bernamaJamilah, ia mendatangi Rasulullah SAW untuk menceritakan perasaannyaterhadap suaminya, "Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku tidak mencelaagama dan akhlak Tsabit, tetapi aku khawatir jika hidup bersamanya akuberbuat kekufuran." Maka Rasulullah SAW bersabda,"Apakah engkau hendakmengembalikan kebunnya?? (waktu itu mahar Tsabit adalah kebunnya)."Jamilah menjawab, "Benar ya Rasulullah." Lalu Rasulullah mengutusseseorang kepada Tsabit untuk menyampaikan pesannya, "Terimalah kebunitu dan ceraikanlah dia." (HR Bukhari dariIbnu Abbas ra)

Kisahlainnya yang juga diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Ibnu Abbasraberikut ini menunjukkan bahwa seorang istri diperbolehkan melepaskandiri dari suami yang tidak dapat dicintainya. Barirah adalah seorangbudak wanita dari Habasyah yang berada dibawah kekuasaan UtbahbinLahab. Majikannya ini memaksa Barirah untuk menikah dengan seorangyang tidak disukainya yaitu budak laki-laki bernama Mughits. Merekapunmenikah, Barirah tidak mencintai suaminya tapi sebaliknya Mughitssangat mencintai istrinya. Ummul Mukminin Aisyah ra merasakasihankepada Barirah, beliau lalu membeli dan memerdekakannya. Setelahitu Barirah merasa benar-benar memiliki kebebasannya dan merasa dapatmenentukan hidupnya, maka ia meminta cerai dari suaminya. Ibnu Abbasra berkata, "Suami Barirah adalah seorang budak bernama Mughits,seakan-akan aku melihatnya berjalan dibelakangnya sambil menangis,airmatanya menetes sampai ke jenggotnya.


Nabi SAW berkata kepadaku,"Wahai Ibnu Abbas, tidakkah engkau takjub pada cinta Mughits padaBarirah dan kebencian Barirah pada Mughits?? Selanjutnya Nabi berkatakepada Barirah, "Seandainya engkau mau kembali, sesungguhnya dia adalahsuamimu dan ayah anakmu." Maka Barirah bertanya, "Apakahengkaumemerintahkan aku ya Rasulullah?" Beliau menjawab, "Aku hanyamenawarkan kepadamu." Barirah berucap, "Aku tidak membutuhkannya"

Nah, para suami, beberapa saran berikut ini dapat membantu Anda untuk menjadi pribadi yang mempesona dimata istri Anda:

Memperhatikan penampilan luar.

Tidakdisangsikan lagi bahwa penampilan luar dapat membangkitkan pesona padajiwa perempuan. Suami yang dapat menjaga kebersihan dirinya, rapi danperlente umumnya lebih mempesona ketimbang suami yang jorok, lusuhdankumal. Bukankah Rasulullah SAW bersabda bahwa kebersihan itu cabangiman? Umar bin Khattab ra pun pernah berkata, "Perempuan menyukai kalausuaminya berhias untuk dirinya, sebagaimana laki-laki sukaistrinyaberhias untuk dirinya."

Tidak Kaku dan Monoton

Suamiseperti ini selalu mau belajar memahami perasaan istrinya, punya banyakcara dan gaya dalam mengungkapkan perasaan cinta dan kasihsayang kepadaistrinya, juga tidak enggan untuk menyatakan cintanya dengan kata-kata.

Terbuka

Suamiseperti ini tidak enggan mengungkapkan harapan, keinginan danperasaannya agar istri mengerti dan dapat melakukan hal yang sesuaidengan yang dikehendakinya. Ia bukan suami yang diam dan membiarkanistrinya dalam kesulitan menebak-nebak apa yang diinginkannya.

Matang

Kebanyakanperempuan ketika menikah menginginkan suaminya adalah orangyang siapmelindungi, membimbing dan dapat menjadi tempat bersandar. Laki-lakiyang matang seperti ini lebih mempesona perempuan dibanding yangkekanak-kanakan dan emosional.

Peduli dengan Keluarga

Adalahbenar suami memiliki tanggung jawab dalam masalah nafkah, tetapikesibukannya dalam pekerjaan atau hal lainnya tidak membuatnya menjadiorang yang acuh terhadap istri dan anak-anaknya. Ia mau menemani anakbelajar dan tidak keberatan mengantar istrinya pergi menghadiriacara-acaranya.

Dapat Berbagi Rasa

Suami mempesonamau belajar bagaimana dapat ikut merasakan apa yang sedang dirasakanistrinya. Ia mau mendengar dengan penuh perhatianketika istri sedangmengungkapkan permasalahannya, ikut merasakan kegelisahannya dan dapatmembantu menentramkannya atau mengatasi permasalahannya. Ia adalahtempat curhat istrinya yang setia dan dapat dipercaya.

Mencintai Orang Tua, Saudara dan Kerabat Istri

Andaakan semakin mempesona istri Anda manakala Anda mencintai orangtuanya,menyayangi saudara-saudaranya dan bersikap baik kepada kerabatnya. Danjika Anda senantiasa bersikap demikian maka percayalah iapun akanberusaha keras untuk mencintai orang tua Anda dan bersikap baik padasaudara dan kerabat Anda.

Jangan ragu dan gengsi untukmelakukan saran-saran diatas, mulailah sekarang juga maka Anda akantakjub mendapati limpahan cinta istri Anday ang seolah tanpa batas,karena begitulah sifat dan karakter perempuan, ia akan memberi lebihdari apa yang Anda berikan kepadanya! ***

Pesan Untuk Para Suami

Bilaada surga di dunia itu adalah rumah tangga yang bahagia, rumah tanggayang penuh dengan rasa sakinah, mawaddah dan rahmah. Dan bila adaneraka di dunia itu adalah rumah tangga yang hancur, suami istri salingmenyalahkan, curiga, tidak saling mencintai dan jauh dari rasa sakinahmawaddah dan rahmah.

Saya awali pesan ini denganmenggambarkan kedua hal di atas. Dengan menikah Anda tidak sajamendapatkan seorang istri, tetapi Anda mendapatkan seluruh dunia.Sebagaimana kita ingat rasul bersabda bahwa sebaik-baiknya perhiasandunia adalah istri sholihah. Yang akan menjadikan rumah kita bak surga,baiti jannati. Sejak pernikahan ini,mulai saat ini sampai akhir hayatAnda insya Allah, istri Anda akan menjadi mitra, patner dan sabahatterbaik. Dengan dialah, Anda berbagi berbagai kejadian, melewatkan haridan tahun bersama.

Dengannya lah Anda berbagi suka, duka,impian, harapan dan juga kecemasan. Ketika Anda sakit, dialah yang akanmerawat, ketika Anda memerlukanpertolongan dia akan mengupayakan semuayang dia bisa lakukan bagimu.Ketika Anda berbagi rahasia padanya, diaakan menjaga rahasia itu dengan amanah; ketika Anda perlu nasehat, diaakan memberikan nasehat yang terbaik. Dan dia akan selalu bersamamu.

Ketikaterbangun di pagi hari, yang pertama mata Anda lihat adalah dia.Diaakan selalu bersamamu, dan jika pada suatu waktu dia tidak adadisisimu, maka secara emosi dia ada bersamamu. Dia memikirkan, berdoauntuk kebaikanmu dengan sepenuh hati, dan Anda ada dalam pikiran, doadan hatinya. Ketika Anda tidur di malam hari, terakhir yang Andalihatadalah dia; dan ketika Anda bermimpi, anda akan melihatnya dalammimpimu. Kamulah dunianya dan dialah duniamu.

***

Hubunganantara seorang suami istri merupakan hubungan yang sangat penuh denganhal yang mengagumkan. Tidak mudah digambarkan dengan kata-kata, betaparasa cinta, kasih sayang, keintiman, kedamaian sertakesejukan yang adamengisi hati kedua pasangan manusia.

Penjelasanrasionaladalah bahwa semua inilah anugerah dari Allah, dan semua itulahkehendak Allah. Dengan semua kuasa dan kehendakNya , Dialahyangmenciptakan dan membuat perasaan ini hadir di hati pasangan suamiistri.

Allah mengingatkan kepada manusia yang mencarikeberadaanNya bahwasalah satu tanda-tanda kekuasaanNya adalah Diamenjadikan rasa kasih dan sayang. Allah berfirman:

"Dandi antara tanda-tanda kekuasaan-Nyai alah Dia menciptakan untukmuisteri-isteri dari jenismu sendiri,supaya kamu cenderung dan merasatenteram kepadanya, dan dijadikan-Nyadi antaramu rasa kasih dan sayang.Sesungguhnya pada yang demikian itubenar-benar terdapat tanda-tandabagi kaum yang berpikir". (QS. 30:21)

Tetapi hati manusiabukanlah sesuatu yang statis, tetapi sangat dinamis. Perasaan dapatberubah setiap waktu. Dan cinta pun dapat terbang dan hilang. Ikatanpernikahan pun bisa menjadi lemah bila tidak dijaga dengan baik dankebahagian di dalam rumah tangga pun tidak bisadijamin akan berlangsungterus. Perlu usaha dari kedua belah pihak suami istri untuk salingmenjaga keberlangsungan cinta dan kasih mereka. Ibarat sebuah pohon,tanahnya perlu dirawat, dijaga dan dipupuk.

***

Oleh karenanya, inilah sedikit pesan dari saya bagi Anda para suami;

Didunia kita, kita hidup di kehidupan yang sibuk dan melelahkandikelilingi oleh berbagai macam schedule dan deadline. Bagi pasangan,ini artinya kemungkinan Anda tidak bisa meluangkan waktu bersama-samadan berada sendiri di tengah-tengah kesibukan kerja dan komitmen tugas.Anda jangan membiarkan hal ini terjadi terus menerus. Cobalah sesekaliAnda luangkan waktu untuk melakukan kegiatan secara periodikdenganistri Anda. Ingat rasul juga pernah meluangkan waktunya untukberlomba lari dengan Aisyah r.a. Keluar dengan istri sesering mungkin,lakukan aktivitas bersama, mengunjungi teman bersama, piknik bersamaatau sekedar berbelanja di mall bersama.

Selalu jagaromantika dalam hubungan Anda. Kehidupan modern hampir mengubah kitamenjadi robot atau mesin teknologi tinggi tanpa emosi. Menunjukkanemosi dan perasaan yang Anda rasakan perlu untuk menjagaikatanpernikahan terhindarkan dari berkarat, peluruhan. Sebagaimana rasulbersabda untuk menunjukkan rasa kasih dan sayang pada saudarayang kitacintai, "Katakanlah kepadanya kalau engkau mencintai saudaramu," sebuahhadist untuk menunjukkan cinta kepada teman karenaikatan ukhuwah.Terlebih lagi bila istri kita yang terikat dengan ikatan sucipernikahan, nyatakanlah.

Jangan meremehkan hal-halpenting yang terlihat kecil, seperti membawakan belanjaannya, memijitbahunya atau membukakan pintu mobild an sebagainya. Ingatlah bahwarasul pernah menyediakan kakinya untukmembantu istrinya naik ke atasunta.

Usahakanlah untuk menyediakan waktu sholatberjamaah dengan istri. Memperkuat hubungan Anda dengan Allah merupakanjaminan terbaik agar pernikahan Anda akan selalu terjaga kuat.Merasakan kedekatan dan kedamaain dalam hubungan Anda dengan Allah akanterimplikasikan dalamh ubungan Anda dengan istri di rumah. Ingatlahbagaimana rasul memberikan apresiasi yang sangat besar bagi pasanganyang bangun malam hari untuk sholat layl (sholat malam/tahajjud)bersama atau seorangistri/suami yang membangunkan pasangannya untuksholat layl sekalipundengan memercikkan air di muka pasangannya.

Lakukanusaha terbaikmu untuk menjadi terbaik bagi istri dengan kata-kata dandengan perbuatan. Bicaralah padanya dengan baik, senyum padanya, mintanasehatnya, mintalah pendapatnya, dan luangkan waktu yang berkualitasdengannya dan selalu ingat bahwa rasul bersabda "Yangterbaik diantarakamu adalah terbaik memperlakukan istrinya".

Adalah halbiasa yang terjadi dimana pasangan berjanji untuk mencintai danmenghormati istri/suaminya sampai maut memisahkan mereka.

Sayapercaya bahwa janji ini adalah baik dan sangat baik. Tetapi hal initidak cukup. Anda harus mencintai apa yang dicintai istri Anda.Keluarganya, dan hal-hal yang dia cintai harus menjadi kecintaan Andapula.

Tidak cukup pula mencintainya sampai mautmemisahkan. Cinta tidak boleh mati dan kita percaya bahwa ada kehidupanakhirat, kehidupan setelah mati. Dan insya Allah, akan dipertemukankelak di akhirat. Sebagaimana rasul mencintai Khadijah istrinya yangtelah menemani beliau selama 25 tahun, beliau terus menerus mencintaikhadijah dan mengingatnya. Setelah kematian khadijah beberapa tahunberselang, rasulullah tidakpernah melupakannya bahkan sanak kerabat danteman khadijah beliau utamakan yang terkadang membuat Aisyah cemburu.

Cintailahistri Anda, dan apa yang dicintainya. Cintailah ia tidak hanya sampaimaut memisahkan tetapi sampai Anda dikumpulkan bersama kelak diakhirat, insya Allah.

0 komentar:

Poskan Komentar